Kamis, 09 Oktober 2014

PKTI 1A - PERKEMBANGAN KOMPUTER

1.1.       PENDAHULUAN
Komputer masih merupakan sesuatu yang baru bagi kita, demikian juga halnya dengan ‘ilmu komputer’ atau Computer Science masih sangat sedikit dan belum di kenal oleh masyarakat kita. Banyak orang menyamakan antara komputer dengan ilmu komputer. Ini merupakan suatu penafsiran yang salah, karena pengertian komputer itu sendiri adalah berasal dari kata ‘to compute’ yang artinya adalah menghitung, jadi komputer bolehlah kita sebut sebagai mesin hitung.
            Tetapi pengertian Ilmu Komputer itu sendiri adalah luas, yaitu pengetahuan dalam bidang penggunaan dan tata cara bekerjanya suatu komputer. Pengetahuan tentang cara bekerja komputer ini kita sebut juga Electrinoc Data Pricessing disingkat EDP. Jaadi Ilmu Komputer tersebut erat sekali hubungannya dengan Electronic Data Processing.
            Di negara-negara yang sudah maju, ilmu komputer sudah memasuki segala bidang kegiatan yang dilakukan masyarakatnya, baik dalam bidang bisnis, pengobatan, militer bsd, bahkan dalam bidang angkasa luar sekalipun. Bagi bangsa Indonesia, ilmu komputer masih merupakan sesuatu yang masih baru, tapi kita tidak boleh ketinggalan dalam kemajuan teknologi modern ini. Kita harus mau belajar dan mempelajarinya.
            Banyak komputer dihunakan orang untuk pemecah persoalan matematika yang cukup rumit. Tetapi janganlah dilupakan bahwa komputer itu bukanlah semata-mata diciptakan untuk memecahkan problema matematika saja. Tetapi juga banyak maslah lain yang kita bisa kerjakan dengan bantuan komputer seperti penatalaksaan administrasi, akuntandi dan lain sebagainya.
1.2.      DEFINISI KOMPUTER
Komputer berasal dari kata ‘to compute’ yang berarti menghitung. Jadi secara umum komputer bisa kita sebut sebagai mesih hitung. Tetapi pengertian komputer saat ini bukanlah semata-mata sebagai alat hitung saja, tetapi adalah suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal (tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan Operating System menurut program-program yang diberikan kepadanya.
                        Ada 4 hal penting yang harus ada pada suatu komputer yaitu:
1.      Alat dengan kontruksi elektronika
2.      Storage Internal
3.      Aiatem Operasi
4.      Program


Beberapa Definisi dari komputer, dapat disimpulkan yaitu :
a.       Alat Elektronik
b.      Dapat menerima input data
c.       Dapat mengolah data
d.      Dapat memberikan informasi
e.       Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer ( stored program )
f.       Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
g.      Bekerja secara otomatis

1.3.      JENIS KOMPUTER
Pembagian komputer menurut jenisnya bisa kita lakukan berdasarkan:
·         Cara kerja
·         Kegunaan
·         Kapasitas kerja dan memori
BERDASARKAN CARA KERJA
            Berdasarkan cara kerja, komputer bisa kita bagi 3 jenis yaitu: komputer analog, digital dan hybrid.
            Komputer analog adalah komputer yang beroperasi secara pararel atau sama dengan besaran fisik atau angka-angkka yang diterimanya. Jadi komputer analog sangat sesuai sekali digunakan untuk mengukur data kualitatif seperti temperatur, tinggi nada suara, tantangan listrik dan lain-lain.
KOMPUTER DIGITAL
            Komputer Digital adalah komputer yang beroperasi atau bekerja dengan angka-angka atau tanda-tandai lain seperti hruf, tanda baca dan karakter khusus lainnya yang dalam operasinya di indentifikasikan sebagai angka. Komputer digital sering digunakan orang untuk aplikasi-aplikasi bisnis, dan lain-lain aplikasi yang mengolah data kuantutatif.
KOMPUTER HYBRID
            Komputer Hybrid adlah gabungan dari kedua jenias komputer tersebut diatas. Ia bekerja atau beroperasi dengan angka atau besaran fisik yang diterimanya.

1.4.      SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Jika kita meninjau sejarah perkembangan komputer, maka kita tidak boleh terlepas dari sejarah perkembangan alat hitung menghitung, karena pada prinsipnya komputer itu sama saja dengan alat hitung.
Persoalan hitung menghitung ini sudah dikenal oleh bangsa yang hidup beribu-ribu tahun sebelum masehi, hanya caranya saja yang berbeda dengan kita sekarang ini. Pada waktu itu perhitungan-perhitungan yang dilakukannya masih sangat sederhana sekali, hak ini sesuai dengan kebudayaan mereka yang masih primitif. Selanjutnya perkembangan alat menghitung ini dapat kita mulai dengan dikenalnya sejenis alat hitung yang dinakan ABACUS (sempoa) di daratan Cina kira-kira pada tahun 2000 sebelum masehi. Alat hitung ini kemudian dikenal juga oleh orang-orang di Timur Tengah dan bahkan sampai ke darata Eropa.
Pada tahun 1617 John Napiar dari Scotlandia menemukan cara menghitung dengan menggunakan tabel bujur sangkar yang terdiri dari 9x9 kolom masing-masing berisikan angka 1 sampe angka 9 yang dikenal dengan nama NAPIER’S BONES.
Tahun 1621 ditemukan Slide rule yang merupakan arah maju pada alat hitung yang bersifat mekanis.
Tahun 1642 Pascal seorang ahli matematika menciptakan mesin hitung mekanis yang dikenal dengan PASCAL’S ARITGMETIC MACHINE.
Tahun 1674 Gotfriend Leibnitz seorang Jerman menciptakan mesin hitung yang di kenal dengan nama LEIBNITZ CALCULATION MACHINE.
Tahun 1812 seorang Prancis yaitu Charles Babbage berhasil menciptakan suatu jenis mesin hitung yang dinamakan BABBAGE CALCULATION MACHINE. Mesin ini sudah sanggup melakukan perhitungan sederhana dalam Trigonometri dan logaritma secara automatis.
Tahun 1890 Herman Hollerith dari Biro Sensus Amerika Serikat menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan punch card sebagai media datanya. Penemuan punch card ini adalah merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah Komputer sehingga herman Hollerith dijuluki sebagai Bapak Komputer modern.
Tahun 1944 Howard Aiken dari Harverd University yang bekerja sama dengan International Business Machines (IBM), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melaksakan sereintetan operasi Aritmatika secara otomatis. Dinamakan MARK-I.
J. Presper dan John W. Mauchly dari University of Pensylvania merancang sebuah mesin komputer electronic yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerialcal Integer and Calculator). Mesin yang melakukan operasi dengan cara electrinic ini selesai pada tahun 1945. Pada tahun 1952 ini di Erpa juga di University of Cembridge telah diketemukan komputer yang diberi nama EDSAC.
Univac-I adalah kompter pertama yang diperdagangkan dan dijual oleh Remington Rand pada tahun 1946. Dibuat oleh Eckert Maughly Computer Company pada tahun 1946.
Sekarang banyak kita temui komputer dengan bermacam merek dan untuk bermacam-macam kegunaannya seperti IBM, RADIO SHACK, UNIVAC, TEXAS INSTRUMENT, NEWLWT PACKARD, NEC, APPLE, COMMODORE, COMENCO dll.

1.5.      GENERASI KOMPUTER
Kemajuan-kemajuan yang dicapai manusia telah mengubah bentuk dan efisiensi kerja dari komputer-komputer tersebut kita bisa membagi perkembangan komputer dalam beberapa generasi.
1.5.1.      Komputer Generasi Pertama ( 1946 – 1959 ), ciri-cirinya :
a.       Menggunakan tabung hampa udara ( vacuum Tube ).
b.      Program hanya dibuat dengan bahasa mesin
c.       Konsep Stored-program dengan memory utamanya Magnetic core storage.
d.      Simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk
e.       Ukuran fisik besar, cepat panas jadi perlu alat pendingin, prosesnya kurang cepat
f.       Membutuhkan daya listrik yang besar
g.      Orientasinya pada aplkasi bisnis.

Contoh komputer generasi pertama :
§  ENIAC ( electronic Numerical Integrator And Calculator )
tahun 1946
§  EDSAC ( elektronik Delayed Storage Automatic Computer)
tahun 1949
§  EDVAC ( elektronik Discrete Variabel Automatic Computer)
Tahun 1952
§  UNIVAC 1 ( Universal Automatic Computer 1)  tahun 1963, merupakan komputer pertama yang menggunakan pita magnetic sebagai media input-outputnya.

1.5.2.      Komputer Generasi Kedua ( 1959 – 1964 ), ciri-cirinya :

a.       Sirkuitnya berupa transistor, yang menemukan John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain tahun 1947.
b.      Program dibuat dalam bahasa tingkat tinggi
Contoh : FORTRAN, COBOL, ALGOL.
c.       Kapasitas memori utama sudah cukup besar, dapat menyimpan
Puluhan ribu karakter.
d.      Simpanan luar berbentuk removable disk atau disk pack
e.       Ukuran fisik lebih kecil, proses operasi sudah cepat, jutaan per detik
f.       Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
g.      Berorientasi pada aplikasi bisnis dan teknik.

Contoh komputer generasi kedua :
§  UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107
§  HONEYWELL 400, HONEYWELL 800
§  GE 200

1.5.3.      Komputer Generasi Ketiga ( 1964 – 1970 ), ciri-cirinya :

a.       Komponen yang digunakan berupa IC ( Integrated Circuit )
b.      Pemrosesan lebih cepat & tepat
c.       Kapasitas memori lebih besar
d.      Penggunaan listrik lebih hemat
e.       Bentuk fisik lebih kecil & semakin murah harganya
f.       Kemampuan melakukan komunikasi data antar komputer lewat komunikasi telpon.
g.      Banyak bermunculan application software

Contoh komputer generasi ketiga :
§  IBM s/360
§  UNIVAC 1108, UNIVAC 9000
§  GE 600, GE 235

1.5.4.      Komputer Generasi Keempat ( 1970 – 1990 )
           
a.       Menggunakan Large Scale Integration ( LSI ) yaitu pemadatan, beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah CHIP.
b.      Dikembangkan komputer Micro yang menggunakan Micro Processor & Semiconductor yang berbentuk CHIP untuk memori komputer.

Contoh komputer keempat :
§  AT  : IBM PC/AT
§  XT  : IBM PC/XT

1.5.5.      Komputer Generasi Kelima ( sejak tahun 1990-an )

a.       Dikenal dengan sebutan generasi Pentium
b.      Komputer dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan manusia dengan bercakap-cakap, meniru intelegensi, ketrampian,dll.
c.       Menggunakan VLSI ( Very Large Scale Integration )

1.5.6.      Komputer Generasi Keenam ( abad 21 )

Merupakan generasi masa depan yang dikenal dengan generasi titanium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar