Kamis, 23 Oktober 2014

PKTI 1A - CLOUD COMPUTING

Cloud  computing atau  komputasi  awan  merupakan  definisi  untuk  teknologi komputasi  grid  (grid  computing)  yang  digunakan  pada  pertengahan  hingga  akhir 1990-an. 

Jargon komputasi  awan  mulai  muncul  pada  akhir  tahun  2007,  digunakan untuk memindahkan layanan yang digunakan sehari-hari ke Internet, bukan disimpan di komputer lokal lagi.

Cloud  computing  atau  komputasi  awan  merupakan  tren  baru  di  bidang komputasi  terdistribusi  dimana  berbagai  pihak  dapat  mengembangkan  aplikasi  dan layanan berbasis SOA (Service Oriented Architecture) di jaringan internet.

Pada tahun 2007, layanan lain termasuk pengolahan kata, spreadsheet, dan presentasi telah dipindahkan ke dalam komputasi awan. Google menyediakan pengolah kata, spreadsheet dan aplikasi presentasi di lingkungan komputasi yang awan dan terintegrasi dengan Gmail dan Google Calendar, menyediakan lingkungan kantor di web (atau di awan). Microsoft dan perusahaan lain juga bereksperimen dengan mengalihkan program-program ke awan untuk membuatnya lebih terjangkau dan lebih mudah diakses oleh pengguna komputer dan Internet. Perangkat lunak sebagai layanan (istilah Microsoft untuk komputasi awan) adalah barang yang sangat baru bagi kebanyakan orang di Microsoft.

Kelebihan loud Computing

      Keuntungan bagi para pelaku bisnis adalah minimalisasi biaya investasi infrastruktur publik sehingga bisnis bisa lebih terfokus pada aspek fungsionalitasnya,
      Bagi application developer, layanan PaaS memungkinkan pengembangan dan implementasi aplikasi dengan cepat sehingga meningkatkan produktivitas
      Bagi para praktisi yang bergerak di industri TI, hal ini berarti terbukanya pasar baru bagi industri jasa pengembangan teknologi informasi.
      Bagi pebisnis di bidang infrastruktur, hal ini merupakan peluang yang besar karena dengan meningkatnya penggunaan layanan SaaS ini akan meningkatkan penggunaaan bandwidth internet.
      Integrasi aplikasi dengan berbagai perangkat

Kekurangan Cloud Computing

      Service level, artinya kemungkinan service performance yang kurang konsisten dari provider. Inkonsistensi cloud provider ini meliputi, data protection dan data recovery.
      Privacy, yang berarti adanya resiko data user akan diakses oleh orang lain karena hosting dilakukan secara bersama-sama,
      Compliance, yang mengacu pada resiko adanya penyimpangan level compliance dari provider terhadap regulasi yang diterapkan oleh user.
      Data ownership mengacu pada resiko kehilangan kepemilikan data begitu data disimpan dalam cloud.
      Data mobility, yang mengacu pada kemungkinan share data antar cloud service dan cara memperoleh kembali data jika suatu saat user melakukan proses terminasi terhadap layanan cloud computing.

Software as a Service (SaaS)

      SaaS adalah model dimana aplikasi “ditawarkan” kepada klien sebagai sebuah layanan.
      Jika sebuah aplikasi/software disajikan kepada klien, klien tidak perlu merawat dan melakukan update pada aplikasi tersebut.
      Jika provider hendak mengganti atau melakukan update pada aplikasi tersebut, kita hanya bisa mengikuti mereka saja tanpa bisa melakukan apa-apa.

Ada beberapa tipe software yang ditawarkan pada SaaS, yaitu :
      Manajemen resources bagi pelanggan
      Video Conferencing
      Manajemen Layanan IT
      Akunting
      Analisa Web
      Manajemen web content

Platform as a Service (PaaS)

      Platform as a Service (PaaS), mirip dengan SaaS, PaaS juga menawarkan layanan aplikasi, hanya saja PaaS juga menawarkan platform yang kita butuhkan untuk membuat aplikasi-aplikasi.
      PaaS juga sering disebut cloudware, dikarenakan kita mengakses platform tersebut via cloud computing.

      Contoh penawaran Paas:
Microsoft Azure PaaS,
Force.com dan
Google App Engine

Infrastructure as a Service (IaaS)

      Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan dari cloud computing dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb).
      Kita bisa definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa

Contoh penyedia layanan IaaS ini adalah:
      Amazon EC2,
      Windows Azure (soon),
      TelkomCloud,
      BizNetCloud, dsb.

Jenis-Jenis Komputer

Oleh beberapa profesional, komputer diklasifikasi menjadi beberapa sudut pandang, antara lain :
  • Berdasarkan proccesor : Mainframe Computer,  Mini Computer, Personal Computer dan Supercomputer
  • Berdasarkan bidang masalah : General Purpose Computer dan Special Purpose Computer
  • Berdasarkan data yang diolah : Komputer Analog, Komputer Digital dan Komputer Hybrid
  • Berdasarkan bentuk : Komputer Desktop, Komputer Tower, Komputer Portable, Komputer Laptop/notebook, Komputer Sub Notebook, Komputer Palmtop dan tablet PC.

Berdasarkan proccesor : Mainframe Computer

  • Komputer jenis ini menggunakan prosessor yang mempunyai kemampuan yang sangat besar dan ditujukan untuk multi user
  • Dengan menggunakan teknologi time sharing maka efeknya tidak begitu dirasakan oleh user.
  • Jenis Komputer ini memiliki suatu Central Processing Unit, Storage Device yang agak besar (kira-kira sebesar 2 lemari pakaian) dan ditempatkan pada tempat tersendiri.
  • Mainframe memiliki keunggulan bukan hanya dalam kecepatan pengolahan data, melainkan juga kompabilitas dengan berbagai aplikasi dan juga ketangguhannya.
  • Mesin ini dapat bekerja dalam waktu lama tanpa interupsi sama sekali. Faktor inilah yang menjadi alasan bagi perusahaan untuk menggunakan mainframe.
  • Biaya yang harus ditanggung akan menjadi sangat besar apabila mesin operasional harian berhenti berjalan. 
Berdasarkan proccesor : Mini Computer

  • Kapasitas prosessor yang digunakan hampir sama dengan mainframe, hanya jumlah terminal yang dapat disambungkan ke dalam ke komputernya tidak sebanyak seperti pada jenis komputer mainframe.
  • Jumlah terminal yang dapat disambungkan hanya puluhan. Oleh karena itu mini computer hanya cocok digunakan untuk perusahaan kelas menengah yang tidak begitu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran fisik komputer ini tidak sebesar komputer mainframe.
Berdasarkan proccesor : Personal Computer

  • Jenis prosessor yang digunakan kemampuannya tidak begitu besar dibandingkan dengan komputer mainframe.
  • Karena komputer ini memang ditujukan untuk seorang pemakai.
  • Karena kegunaannya maka komputer jenis ini disebut komputer pribadi atau Personal Computer (PC).
  • Sebuah PC umum meliputi sebuah CPU unit, monitor, keyboard , dan mouse.
  • Sebagian besar PC hari ini juga memiliki jaringan atau koneksi internet, serta port untuk menghubungkan perangkat perangkat, seperti kamera digital, printer, scanner, speaker, hard drive eksternal, dan komponen lainnya. 
Berdasarkan proccesor : Supercomputer

  • Komputer yang dirancang secara khusus dan merupakan suatu mesin yang sangat mahal.
  • Komputer ini dapat menganalisa dan memvisualisasikan suatu proses atau fenomena yang tidak terlihat.
  • Supercomputer adalah manipulator angka berkecepatan sangat tinggi yang digunakan terutama untuk aplikasi-aplikasi ilmiah dan rekayasa.
  • Generasi baru dari superkomputer berbeda dari komputer mainframe konvensional dalam penggunaan pemroses paralel.
Berdasarkan bidang masalah : General Purpose Computer

  • Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dapat mempergunakan program yang bermacam-macam untuk menyelesaikan jenis permasalahan-permasalahan yang berbeda. 
  • Karena general purpose computer tidak dirancang untuk masalah yang khusus, maka dibandingkan dengan special-purpose computer, kecepatannya lebih rendah.
Berdasarkan bidang masalah : Special Purpose Computer

  • Adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus.
  • Komputer jenis ini biasanya telah diisikan suatu program kkomputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau pemeriksaan kesehatan.
  • Dengan demikian bila ditinjau dari segi data yang diolah maka komputer jenis ini biasanya menggunakan komputer yang memiliki kemampuan hybrid.
Contohnya adalah alat USG.

Berdasarkan data yang diolah : Komputer Analog

      Komputer analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog.
      Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner.
      Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier).

Berdasarkan data yang diolah : Komputer Digital

      Komputer digital adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.
      Yang pemrosesnya dilaksanakan berdasarkan teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1.
      Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal.
      Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital.
      Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

Berdasarkan data yang diolah : Komputer Hybrid

      Komputer Hybrid adalah jenis komputer yang diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan digital dengan analog.
      Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

Berdasarkan bentuk : Komputer Desktop

      Ukuran fisiknya lumayan kecil, biasanya cocok diletakkan di atas meja.
      Bahkan sekarang dikembangkan bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan bentuk desktop slim.
      Bentuk desktop ini bisanya dilengkapi dengan banyak ruang yang disebut expantion slot sebagai tempat untuk card tambahan.
  
Berdasarkan bentuk : Komputer Tower

      Ukuran fisk relatif lebih besar dibandingkan dengan komputer jenis desktop, cocok untuk diletakkan di samping atau di atas meja.
      Komputer Tower memiliki ruang untuk expantion slot lebih banyak

Berdasarkan bentuk : Komputer Portable

      Ukuran fisiknya sedikit lebih kecil dari komputer desktop dan tower.
      Seluruh bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana-mana.
      Jenis komputer ini diciptakan untuk orang yang sering bekerja berpindah-pindah atau dilapangan.
      Secara bebas portable artinya mudah dibawa-bawa.

Berdasarkan bentuk : Komputer Laptop/notebook

      Adalah komputer dengan ukuran fisik yang dapat dipangku, ukurannya lebih kecil dari komputer portable, pada komputer notebook semua komponennya dibuat menyatu

Berdasarkan bentuk : Komputer Sub Notebook

      Ukurannya sebesar kertas kwarto, tebal kira-kira 5 cm, komputer sub notebook masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya.

Berdasarkan bentuk : Komputer Palmtop dan tablet PC.


      Komputer ini dibuat untuk bisa digenggam, bila dibandingkan dengan ukuran kaset kira-kira sebesar kaset video beta. Untuk arus listrik pada komputer palmtop biasanya didapatkan lewat baterai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar