1. Mengapa
manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan?
Karena Manajemen Pemasaran ialah
suatu analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari
program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan
pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk menciptakan tujuan-tujuan
organisasi. Oleh karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai
manajemen pemasaran.
2. Perbedaan
kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran.
·
Kebutuhan adalah salah
satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam
aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha.Pada
dasarnya,manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu,yaitu memenuhi
kebutuhan.Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari.Selama hidup
manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan.Seperti:Makanan,Pakaian,Perumahan,
Pendidikan,dan Kesehatan.Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan,
waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin
tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan adalah
sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan,
sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia
akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa
kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi
tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera.
·
Keinginan adalah
segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang, dan apabila tidak terpenuhi
tidak mempengaruhi kehidupan orang tersebut.keinginan adalah sesuatu tambahan
atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa
lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya
kesejahteraannya tidak berkurang.
3. Perbedaan
pasar dan pemasaran
·
Pasar :
konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan
keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
·
Pemasaran :
merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau
nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa,
menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
4. Sebutkan dan
jelaskan yang dimaksud Bauran Pemasaran ( Marketing Mix )
5. Bauran pemasaran merupakan seperangkat
alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam
memenuhi target pasarnya.
6. Bauran
pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product,
price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan
mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:
7. 1) Produk
(product)
adalah segala
sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh
digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen.
2) Harga (price)
Harga
merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan
suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang
ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas
yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran
pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya.
Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan
promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
3) Tempat (place)
Tempat
termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen
sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat
memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
4) Promosi
(promotion)
Promosi
merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan
manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk
yang mereka hasilkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar